Menteri Keuangan Sri Mulyani Menandatangani Deklarasi Bali Tentang Asia Initiative

- 15 Juli 2022, 14:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Menandatangani Deklarasi Bali Tentang Asia Initiative
Menteri Keuangan Sri Mulyani Menandatangani Deklarasi Bali Tentang Asia Initiative /Ade Alkausar/

GianyarBali.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Menyampaikan 11 Yurisdiksi sudah menandatangani Deklarasi Bali tentang Asia Initiative wujud simbol untuk kolektif regional dalam menangani penghindaran Pajak dan juga aliran keuangan gelap lainnya.

Adapun 11 Yuridiksi yang melakukan deklarasi Bali di antaranya, Thailand, India, Singapura, Indonesia, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Malaysia, Maldives, Asian Development Bank (ADB), Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), dan juga Bank Dunia.

Sebagaimana dalam penyampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani kurang lebih:

"Sebelas negara yurisdiksi Asia telah menandatangani Deklarasi Bali kemarin (14/7) usai pertemuan level menteri Asia Initiative digelar. Momen yang juga disaksikan oleh pimpinan otoritas pajak yurisdiksi Asia, serta perwakilan organisasi internasional ini menjadi penanda dukungan politik dari para pemimpin yurisdiksi Asia dalam pembentukan Asia Initiative dan akselerasi agenda tax transparency di kawasan Asia.

Seiring berkembangnya era keterbukaan informasi, tantangan Asia Initiative untuk melawan penghindaran pajak dan aliran dana ilegal semakin dinamis. Maka dari itu, pada pertemuan level menteri Asia Initiative kemarin, selain membahas berbagai tantangan dan manfaat dari implementasi pertukaran informasi (EOI) serta keterbukaan informasi perpajakan, kami juga mengharapkan dukungan dari para yurisdiksi Asia melalui Deklarasi Bali.

Baca Juga: Tes IQ: Apakah Anda Dapat Menemukan Apa Yang Salah Dengan Gambar Perahu Ini Dalam 5 Detik, Bisa Cerdas Anda

Forum Asia Initiative sendiri telah dimulai sejak Februari tahun ini melalui pertemuan hybrid (daring-luring) yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Pajak. Acara tersebut juga dihadiri oleh pimpinan otoritas pajak dari yurisdiksi Asia untuk membahas tata kelola pembentukan Asia Initiative.

Semoga inisiatif Asia ini juga dapat menjadi platform bagi yurisdiksi kawasan Asia untuk saling bertukar pengetahuan, pengalaman, serta keahlian terkait dengan implementasi tax transparency dan EOI. Dengan lebih banyak negara-negara kawasan Asia yang bergabung, penghindaran dan pengelakan pajak, korupsi, serta bentuk lain dari aliran keuangan gelap dapat kita lawan bersama-sama.

Dari Asia Initiative Ministerial Meeting dan Signing Bali Declaration"

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid

Sumber: Instagram @smindrawati


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x