Airlangga: Inflasi Terkendali Karena Langkah Kebijakan APBN Untuk Mempertahankan Harga Energi Domestik

- 18 Agustus 2022, 17:31 WIB
Airlangga: Inflasi Terkendali Karena Langkah Kebijakan APBN Untuk Mempertahankan Harga Energi Domestik
Airlangga: Inflasi Terkendali Karena Langkah Kebijakan APBN Untuk Mempertahankan Harga Energi Domestik /

GianyarBali.com - Dalam tantangan peningkatan inflasi berbagai negara adanya Covid-19, Alhamdulillah inflasi Negara Kita Indonesia masih cukup terkendali sebagaimana paparan Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) Airlangga Hartanto.

Setelah pandemi covid-19 ini, tantangan demi tantangan berusaha kita hadapi untuk mengendalikan inflansi muncul salah satunya akhibat disrupsi rantai pasok maupun kenaikan harga komoditas sebagai imbas kondisi geopolitik global. Airlangga mengaku, tekanan inflasi juga terjadi di Indonesia.

Selesai Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2022 dengan tema “Sinergi Untuk Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan Nasional”, Kamis 18 Agustus 2022 bahwa “Terkendalinya inflasi kita saat ini salah satunya karena langkah kebijakan APBN mempertahankan harga energi domestik (shock absorber),” ujar Airlangga. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, TPIP dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) selalu berupaya terus menerus untuk melakukan berbagai program dan kebijakan pengendalian inflasi yang adaptif dan inovatif.

Hal ini dibutuhkan untuk menjaga stabilitas harga dan mewujudkan ketahanan pangan nasional. Tujuannya yakni, bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi yang semakin kuat.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pemerintah Perkuat Daya Saing Tiga sektor fundamental Industri, Perdagangan, dan Investasi

Airlangga mengaku, masih terkendalinya inflasi di Tanah Air karena sinergi kuat antara pemerintah pusat dan daerah, serta Bank Indonesia dalam berbagai program kebijakan pengendalian inflasi.

Menurutnya, TPIP dan TPID telah melaksanakan berbagai program kebijakan dalam kerangka 4K, yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif. Hal ini sebagai upaya menjaga stabilitas harga dan menjaga daya beli masyarakat.

“Terkait keterjangkauan harga sekaligus menjaga daya beli masyarakat, Pemerintah telah memberikan stimulus ekonomi berupa penyaluran bansos baik dari APBN maupun APBD serta pemberian subsidi untuk komoditas energi,” tutur Airlangga.

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x