Ekonomi Indonesia Terus Menguat dan meningkat tajam hingga 5,44 Persen sangat baik dan membanggakan

- 8 Agustus 2022, 11:32 WIB
Ilustrasi Ekonomi Indonesia Terus Menguat dan meningkat tajam hingga 5,44 Persen sangat baik dan membanggakan
Ilustrasi Ekonomi Indonesia Terus Menguat dan meningkat tajam hingga 5,44 Persen sangat baik dan membanggakan /Yusuf Wijanarko/Pixabay/nattanan23

GianyarBali.com - Di penghujung akhir pekan ini disampaikan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan dikabarkan ekonomi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Q2 tahun 2022 yang meningkat tajam hingga 5,44% sangat baik dan membanggakan.

Berdasarkan pengumuman dan akun Instagram bps_statistics pada tanggal 5 Agustus 2022, perekonomian Indonesia terbukti tangguh menghadapi gejolak multikrisis global saat ini. Realisasi pertumbuhan Q2 2022 ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi semua analis pasar, termasuk proyeksi paling optimis dari Kementerian Keuangan RI.

Menguatnya konsumsi rumah tangga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 5,51% atau berkontribusi sebesar 2,92% terhadap pertumbuhan, disusul dengan ekspor yang tumbuh 19,74% atau berkontribusi 2,14% terhadap realisasi pertumbuhan.

Peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat selama periode bulan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri menjadi faktor kunci pendorong pertumbuhan triwulan Q2 2022. Di tengah dinamika perekonomian global, ekspor Indonesia juga masih tumbuh tinggi. dikutip GianyarBali.com dari akun Instagram Sri Mulyani Indrawati. 

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Menandatangani Deklarasi Bali Tentang Asia Initiative

Dari sisi lapangan usaha, industri pengolahan yang merupakan kontributor utama PDB nasional, mampu tumbuh 4,01% dan berkontribusi paling besar terhadap pertumbuhan, yaitu sebesar 0,82%.

Sektor penunjang pariwisata, seperti sektor transportasi dan pergudangan serta akomodasi dan makan minum juga turut tumbuh signifikan yang terdampak cukup signifikan oleh pandemi COVID-19 di tahun 2020 dan 2021.

So? Ini lah bukti proses pemulihan ekonomi nasional terus berlanjut dan menguat. APBN Uangkita pun berperan sangat penting, yaitu sebagai peredam tekanan global, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah.

Baca Juga: 7 Langkah Untuk Mendapatkan 7 Mobil Modal Gratisan

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Rosid

Sumber: Instagram @smindrawati


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x